Hati-hati!! Tumbuhan Mematikan ini Tumbuh di Indonesia..!!



gympie-gympie
Gympie-gympie


Gympie-Gympie (odditycentral.com)
Bisa dikatakan beruntung jika bisa bertahan hidup setelah terkena tumbuhan ini. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa bertahan berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun.

Dream - Gympie-Gympie adalah tumbuhan yang memiliki racun paling mematikan. Tumbuhan yang memiliki daun lebar dan menyerupai hati ini biasanya tumbuh di hutan hujan di daerah Timur Laut Australia dan Maluku, Indonesia.

Sengatan Gympie-Gympie ini dilaporkan mampu membunuh anjing, kuda dan bahkan manusia. Anda bisa dikatakan beruntung jika terkena sengatan tumbuhan ini tapi masih mampu bertahan hidup. Pasalnya, sakit yang ditimbulkan bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun.

Begitu mematikannya, biarpun tanaman ini sudah kering selama beratus tahun, tapi racun yang dikandungnya tetap menimbulkan rasa sakit yang teramat menyengat.

Tumbuhan ini bisa tumbuh sampai 2 meter dan memiliki daun hijau berbentuk seperti hati dengan buah berwarna ungu. Kecuali akar, bagian daun, batang dan buah tumbuhan ini ditumbuhi bulu halus.

Bulu-bulu halus itulah yang jika tersentuh akan menembus kulit dan melepaskan racun bernama moroidin.

Biasanya, hanya berdiri di dekatnya dan terkena bulu yang rontok di udara bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam, bersin hingga mimisan parah.

"Gejala awal yang dirasakan saat terkena tumbuhan itu adalah rasa yang sangat panas dan bisa berlangsung selama setengah jam hingga akhirnya sangat menyakitkan," ungkap Mike Leahy, seorang ahli virus.

Selanjutnya, persendian akan terasa sakit dan muncul benjolan yang sangat sakit di ketiak. Pada kasus berat, tersengat Gympie-Gympie bisa menimbulkan kematian. Selama bulu itu menempel di kulit dan tidak dicabut, maka bulu Gympie-Gympie itu akan terus mengeluarkan racun hingga satu tahun.

Oleh sebab itulah, Gympie-Gympie adalah musuh utama bagi para penebang kayu dan para pembuka lahan.

Ahli Entomologi dan Ekologi, Marina Hurley mengungkapkan para profesional tidak berani masuk daerah yang dipenuhi Gympie-Gympie apabila tidak membawa respirator, sarung tangan tebal dan anti-histamin.

Hurley mengatakan "Tersengat tumbuhan ini (Gympie-Gympie) merupakan kesakitan yang tak terbayangkan, terasa seperti disiram air asam dan disetrum secara bersama'an,"

Hurley sendiri pernah terkena Gympie-Gympie saat melakukan penelitian tiga tahun di Atherton Tableland di Queensland. Saat itu dia adalah mahasiswa pascasarjana Universitas James Cook dan sedang meneliti herbivora yang memakan tanaman beracun tersebut.

Menariknya, pada akhir tahun 1960 tentara Inggris diduga pernah tertarik pada tumbuhan ini dan berniat untuk menjadikannya sebagai senjata biologis.

Divisi Pengembangan Kimia di Porton Down (laboratorium rahasia yang mengembangkan senjata kimia) mengontrak Alan Seawright pada tahun 1968, meminta spesimen tumbuhan penyengat ini.

Alan seawright, yang pada saat itu seorang Profesor Patologi di Universitas Queensland, mengatakan: perang kimia adalah pekerjaan mereka, jadi saya hanya bisa berasumsi bahwa mereka sedang menyelidiki potensinya sebagai senjata biologis.


(Sumber: odditycentral.com)

0 Response to "Hati-hati!! Tumbuhan Mematikan ini Tumbuh di Indonesia..!!"

Posting Komentar