Mengenal Kode-Kode warna HTML


Disini saya akan memberi sedikit gambaran atau penjelasan mengenai kode-kode warna html, tujuanya adalah supaya kamu bisa memahami dan paling tidak bisa menyesuaikan antara gelap dan terang, kadang-kadang saat kita mengedit html, kita menemukan sebuah warna yang kita rasa kurang sesuai, entah warna itu terlalu gelap atau terlalu terang atau bahkan mau mengganti warna tersebut, nah setelah memahami kode-kode warna disini saya harap kamu bisa menyesuaikan warna-warna yang terdapat pada template blog atau website km. Ya karena selain artikel yang menarik, paduan warna pada blog juga punya peran penting, sudah pasti kalu warna pada sebuah halaman blog terlihat berantakan saya yakin pengunjung pun enggan mau berkunjung ke blog kita, dan kesanya kurang profesional dan sebaliknya jika warna terpadu dengan sempurna maka akan terlihat menarik dan tentunya nyaman di lihat, dan sudah pasti pengunjung juga akan merasa betah dan senang hanya dengan melihat desain paduan warna pada template blog kita,

Nah sekarang kita mulai belajar mengenal kode-kode warna HTML

Kode warna dasar pada html yaitu ada tiga warna dasar yang terdiri dari Merah, Hijau dan Biru atau biasanya disingkat sebagai R-G-B dalam bahasa inggris yaitu Red-Green-Blue. Ketiga warna itu nantinya akan di kombinasikan menjadi jutaan warna yang tak terhingga.

Sebagai contoh, misal anda menemukan kode warna seperti #FF0078, kode warna tersebut adalah kombinasi dari tiga kode warna, sekarang kode-kode tersebut akan kita bagi menjadi tiga bagian yaitu FF-00-78,
Pada urutan pertama FF adalah poin nilai dari warna merah, urutan kedua adalah 00 yang merupakan nilai dari warna hijau, dan terahir adalah 78 sebagai nilai warna biru. Hasil kombinasi dari tiga kode warna tersebut adalah sebagai berikut:

color code




Inilah urutan kode dari ketiga warna tersebut (RGB) kode akan dimulai dari "0" yaitu:

  1. Red     : 0-1-2-3-4-5-6-7-8-9-A-B-C-D-E-F.
  2. Green : 0-1-2-3-4-5-6-7-8-9-A-B-C-D-E-F.
  3. Blue    : 0-1-2-3-4-5-6-7-8-9-A-B-C-D-E-F.


"0" adalah titik warna paling gelap dan F adalah titik warna paling terang, antara 7-8 adalah titik tengah yang berarti dari angka 7-8 kebawah atau ke (0) warna akan semakin gelap, dan sebaliknya dari 7-8 keatas (F) maka warna akan semakin terang.
Dan jika kita ambil kode untuk warna Merah (R) "00", warna Hijau (G) "00", dan untuk warna Biru (B) "00" maka kombinasi warna yang dihasilkan adalah HITAM. Begitu juga sebaliknya jika dari ketiga warna kita ambil dari Merah: FF, Hijau: FF dan Biru: FF maka warna yang di hasilkan adalah PUTIH.

Kode di atas tadi adalah: FF-00-78, dengan kata lain supaya kita mudah untuk menguraikannya adalah:
untuk warna MERAH telah menyumbangkan warnanya sebanyak 100%, warna HIJAU 00% dan untuk warna BIRU 50%. Karena warna Hijau sama sekali tidak menyumbangkan warnanya, maka warna hijau sama sekali tidak mendominasi warna yang dihasilkan dari kode #FF0076.


Inilah contoh kode dan warna yang di hasilkan;

kode warna
Merah
Kode #ff0000 adalah 100% warna merah, karena kode tersebut adalah R: 100%, G: 0% B: 0%. Maka warna tersebut tidak di kombinasi warna apapun.




Hijau


#00FF00 adalah: R: 0%, G: 100% dan B: 0%. Kode tersebut menampikan 100% warna hijau.



biru
Biru
Biru adalah R:0%, G:0% dan B:100%. Dan warna 100% biru.


Jika anda menemukan banyak kesulitan silahkan anda download aplikasinya di bawah ini.


  • DOWNLOAD Code Color Generator 1 659.86 kb. Jika anda merasa kesulitan untuk menentukan warna yang anda inginkan, maka anda bisa menggunakan aplikasi ini. Atau download aplikasinya DISINI



  • DOWNLOAD Code Color Generator 2  1.28 mb. Nah yang satu ini untuk mengecek atau melihat setiap kode warna yang anda temukan, misalkan anda menemukan kode-kode semacam #AA8855. Download DISINI


Kedua aplikasi di atas sangat cocok untuk berbagai versi android. Dan pastinya kedua aplikasi tersebut akan sangat membantu bagi anda untuk menentukan warna-warna yang anda inginkan.


Semoga dengan artikel di atas yang saya tulis secara simpel dan dengan kalimat yang ringan mudah untuk di pahami, semoga tidak akan membuat kamu merasa bingung. Dan dengan demikian semoga kamu bisa mengkombinasikan kode-kode di atas menjadi jutaan warna yang kamu sukai. Ingat! Kamu bisa mengkombinasikan seluruh kode warna ap saja secara acak dan sesuai dengan kode-kode di atas. Dan pastikan kamu tidak memasukkan kode di atas huruf "F".

Ok terimakasih, sekian dulu artikel dari saya mengenai kode warna html, dengan demikian saya harapkan bisa membantu dan bisa lebih gampang di pahami dan supaya saat kita meng edit warna-warna templat blog, kita tidak harus mencari cari memilih milih tapi tentunya kita bisa menentukan sendiri dan yang pasti bisa lebih cepat tidak buang-buang waktu.


Inilah penampakan screen pada COLOR GENERATOR 1

 
Bisa DOWNLOAD Aplikasinya DISINI 


Penampakan Screen pada COLOR GENERATOR 2


Silahkan Download aplikasinya DISINI