Jual Foto di Internet online





facebook, jual foto di internet
Ilustrasi

Jika Anda punya bakat atau hobi fotografi, ini bisa menghasilkan uang dari internet untuk anda. Anda bisa menghasilkan uang dari setiap hasil jepretan foto Anda. Anda bisa menjual foto pemandangan alam, bunga, animal/hewan, dan foto apa pun. Daripada hanya anda share ke jejaring sosial  seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau lainya, alangkah baiknya jika bisa mendapat penghasilan dari foto-tersebut.

Banyak individu, bisnis dan perusahaan-perusahaan besar seperti majalah, biro iklan, berita, desainer web, maupun seniman grafis, mereka memanfaatkan situs-situs stock photography untuk mencari foto, sebagai foto ilustrasi mereka, dan Alasannya adalah, lebih hemat biaya daripada harus membayar fotografer profesional yang sangat mahal.
Tapi jangan lupa ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ntuk memulai menghasilkan uang dari menjual foto online:

  • Daftar di beberapa situs bursa fotografi, untuk mendapatkan eksposur yang maksimal untuk foto-foto Anda.  
  • Jangan salah menempatkan foto anda! Selalu kirimkan foto Anda ke kategori yang tepat, karena jika Anda memilih kategori yang salah, maka foto anda akan ditolak atau tidak diperhatikan. Misal anda ingin menjual foto bunga tapi anda salah menaruh di etalase foto hewan, maka orang yang mencari foto hewan tersebut bisa jadi tidak menghiraukan foto bunga anda tadi.
  • Dan harus di ingat! Pastikan bahwa foto-foto anda benar-benar dari hasil karya milik Anda sendiri untuk menghindari masalah pelanggaran hak cipta.


Inilah 20 situs yang dapat anda gunakan untuk menjual foto-foto hasil karya anda, langsung saja anda klik pada link di bawah maka anda akan langsung di arahkan ke mereka. semoga berhasil dan sukses. 

1. Istockphoto
 Ini adalah situs jual beli foto online yang paling populer dan tertua. Anda bisa mendapatkan komisi sampai 15% untuk setiap foto yang di download. Bahkan jika anda bisa menjadi exclusive contributor, komisi sebesar 45% menanti anda. Nah, jika earning anda sudah mencapai $100, maka anda bisa meminta pembayaran. Pembayaran bisa melalui cek, deposit langsung, PayPal, Money Bookers, atau Master Card. Di IstockPhoto, Anda juga bisa menjual ilustrasi, audio dan video. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba.


2. 123rf
Situs jual beli foto yang satu ini juga cukup populer. Bahkan komisi yang anda terima bisa mencapai 60% dari harga yang diterakan. Dan ada komisi sebesar %0.43 untuk setiap unduhan berlangganan. Cara pembayaran anda juga bisa nyaman, karena hampir mendukung semua metode pembayaran.


3. Alamy
Situs ini yang paling ramah. Anda bisa mendapatkan royalti hingga 60% dari foto-foto anda. Bisa dibilang situs ini adalah situs jual beli foto yang memberi royalti paling tinggi. Yang juga menguntungkan adalah anda dibolehkan menjual foto yang sama ke situs jual beli foto lainya.


4. Shutterstock
Yang satu ini juga sangat populer sebagai situs jual-beli foto online. Anda bisa mendapatkan pendapatan antara 20% hingga 30% dari setiap foto anda yang didownload. Ada skema pendapatan yang berbeda, ada yang berlangganan harian, on demand dan enhanced license.


5. Us.fotolia
jika anda pernah mencari foto secara online untuk keperluan khusus, mungkin anda pernah mengunjungi situs yang satu ini. Dengan mengupload foto anda ke Fotolia, anda bisa dengan mudah menyajikan foto anda ke jutaan calon pembeli foto dari seluruh dunia. Fotolia menyediakan beberapa aplikasi untuk lisensi pembelian. Untuk setiap foto yang terjual anda akan menerima royalti berdasarkan tipe berlangganan pembeli. Pendapatan anda sebesar 20% hingga 60% untuk setiap penjualan foto anda yang didownload, dan komisi sebesar 0.25 hingga 0.40 kredit untuk download oleh pelanggan.


6. Bigstockphoto
Disini setiap foto anda yang terjual atau di download, anda akan dibayar sekitar $0.50 hingga $1.00. Tapi untuk download spesial (foto anda yang digunakan untuk suatu produk), anda akan mendapatkan $60 per foto.


7. Veer
Setelah anda terdaftar sebagai kontributor di Veer.com, maka setiap foto Anda didownload, maka anda akan menerima royalti, yang dibayarkan setiap pertengahan bulan, dengan nilai minimum pembayaran sebesar $100. Bukankah itu bisa menjadi sumber passif income anda?


8. Imagekind
Imagekind otomatis akan menetapkan harga dasar dari foto karya Anda. Dari situ, lalu Anda bisa menentukan mark-up atau harga jual akhir kepada calon pembeli.


9. Shutterpoint
Situs ini menawarkkan banyak fitur untuk kepentingan fotografer termasuk formulir pengisian permohonan pembeli. Disini anda akan dibayar sekitar 85% dari hasil penjualan foto anda.


10. Picturestock
Disini jika satu foto terjual, maka 50% untuk fotografer, 25% untuk distributor yang mereferensikan pembeli, dan 25% dibagi antara Picturestock dan agensi penjualan.
Jika pembeli bukan berasal dari referal, maka 50% untuk Picturestock dan agen penjualan, sisanya untuk fotografer.


11. FreeDigitalPhotos
FreeDigitalPhotos.net bahkan berani memberi anda komisi hingga sebesar 70% untuk setiap foto anda yang terdownload. Harga setiap foto anda akan dihargai mulai dari $3 per download. Hitung saja jika anda bisa menjual dua foto saja perhari.


12. StockFresh
anda bisa mendapat komisi minimal sebesar 50% hingga maksimal 62.5% untuk setiap foto yang didownload/satuan. Jika pembeli adalah pelanggan maka anda akan mendapat komisi sebesar $0.35 per download. Kok sedikit? Ada kompensasinya kok, anda bisa mendapat komisi sebesar 10% biarpun pengunjung tidak mendownload foto anda tapi membeli foto orang lain asal pengunjung tersebut masuk ke stockfresh dari link anda. Jadi semacam afiliasi. Jadi untuk promosi, anda bisa memasukkan link koleksi foto anda di website, blog, atau forum. Lumayan juga kan?


13. DreamsTime
Di situs ini anda harus diterima dahulu sebelum mulai menjual foto, sistem pembayaran cukup kompleks dan hal ini dibuat agar anda mendapatkan hasil segera setelah bergabung. Pembayaran penjualan foto sekitar 80%.


14. PhotoStockPlus
Disini anda bisa menentukan harga sendiri, berapa harga yang ingin anda terapkan untuk karya Anda, atau Anda juga bisa menyerahkan sepenuhnya kepada PhotoStockPlus untuk menentukan harga jual dan Anda akan menerima komisi hingga 85% bagi hasil dari penjualan.


15. StockXpert
Di Stockxpert ini Hasil penjualan foto milik anda sekitar $1 hingga $10, dimana 50% hasil penjualan untuk anda. Karena lebih murah, penjualan disini lebih cepat terjual.


16. SuperStock
Situs ini telah menjual foto dan gambar selama kurang lebih 20 tahun, baik secara online maupun offline, SuperStock cukup selektif menerima hasil foto yang diajukan maka situs ini memiliki kredibilitas tinggi.



17. FotoLibra
Ada tiga program yang bisa Anda jalankan sebagai kontributor di FotoLibra, 
●Pertama, dengan mengupload foto biasa. Ini seperti di tempat lain, Anda menerima bayaran bagi hasil setiap kali foto terjual atau didownload.
●Kedua, Anda bisa menawarkan koleksi foto-foto ‘jadul’. Yaitu foto-foto lama yang mengandung sejarah, dan akan lebih bagus lagi jika foto tersebut terangkai menjadi sebuah ‘cerita sejarah’. Ini akan dihargai lebih tinggi oleh mereka.
●Ketiga, di FotoLibra ada banyak permintaan dari pembeli terhadap foto-foto tertentu, tentunya dengan syarat dan kondisi tertentu. 
Nah, Anda bisa menawarkan karya Anda sesuai dengan yang diminta oleh pembeli. Ingat! Anda akan dibayar lebih mahal jika menjadi salah satu yang terpilih.

Disini Anda bisa menentukan harga jual untuk setiap foto anda atau anda biarkan Cutcaster yang menentukan harga untuk setiap foto Anda, dan Anda akan menerima komisi hingga 55% dari setiap penjualan.

19. Etsy.com
Di Etsy Selain foto, anda juga bisa menjual berbagai produk, seperti kerajinan tangan, lukisan, dan masih banyak lagi. 
Etsy hanya bertindak sebagai perantara, antara Anda dengan pembeli, dan tentunya pembeli dari seluruh penjuru dunia. 
Artinya, Anda sendiri yang akan menentukan harga, Anda sendiri yang akan mengirimkan produk dan sebagainya. Etsy hanya memastikan pembeli mendapatkan produk yang mereka cari, dan Anda akan menerima bayaran sesuai yang telah disepakati. Untuk itu Etsy meminta komisi sebesar 3,5% saja!

Di FotoTime anda akan lebih mudah untuk memulai. Anda tinggal mendaftar sebagai kontributor, kemudian upload foto, tentukan harga foto anda dan selesai.
Selebihnya seperti proses penjualan, pencetakan dan pengiriman semua akan dilakukan oleh mereka. Dan Anda akan mendapat komisi bagi hasil dari setiap penjualan foto anda.


Nah, itulah 20 situs yang bisa di gunakan untuk menjual foto-foto karya Anda. Anda tidak harus mengikuti semua situs di atas, tapi sebaiknya juga tidak hanya mengandalkan satu situs. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan atau karya Anda.



Jangan biarkan foto-foto Anda terbengkalai, hanya menjadi tumpukan arsip tak berguna. Jika bisa jadi uang, kenapa tidak anda lakukan?

Jika anda memiliki lukisan atau produk barang-barang yang bernilai artistik atau seni kerajinan tangan sebaiknya anda coba di Etsy, siapa tau produk anda akan bernilai tinggi dan tentunya akan di kenal di penjuru dunia.











0 Response to "Jual Foto di Internet online"

Posting Komentar