cara menganalisa kerusakkan komputer


Disini saya akan berbagi pengalaman menganalisa beberapa masalah penyebab matinya sebuah komputer dengan beberapa ciri-ciri, semoga artikel ini bisa membantu untuk menemukan masalah pada komputer kalian dan saya harapkan setelah membaca kalian bisa menemukan solusinya.
Ok! sekarang jika kita mengalami masalah pada komputer kita (kusus komputer mati total) maka beberapa hal yang harus kita lakukan adalah...
Paling tidak kita sudah bisa mengenali dahulu beberapa perangkat vital yang terpasang pada PC komputer kita seperti

  1. Mainboard
  2. PSU
  3. Random akses memory (RAM)
  4. Prsessor
  5. Hard drive

Jika salah satu perangkat tersebut mengalami rusak/mati maka komputer akan susah di hidupkan/mati.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah:
Kita akan mencoba membersihkanya dahuli, Coba kita lepas casing pada kiri kanan komputer, lalu copot satu persatu semua perangkat yang terpasang pada mainboard, kemudian kita bersihkan setiap slot/conector yang menghubungkan kesemua perangkat, terutama kita perlu cek juga konektor pada setiap ujung kabel, kadang konektor tersebut mengalami karatan yang bisa menyebabkan arus tidak lancar dan berkurang, itu adalah salah satu penyebab komputer error/susah di nyalakan, kadang bisa dihidupkan kadang sama sekali tidak mau nyala.
Jika langkah tersebut sudah kamu lakukan dan kamu rasa sudah oke maka kita pasang lagi satu persatu.
Pasang perangkat utama saja seperti POWER SUPPLY (PSU), PROCESSOR, RANDOM AKSES MEMORY (RAM) dan HARDDRIVE (HDD).

Note: beberapa komputer sering mengalami masalah di bagian konektor terutama antara mainboard dan kabel yang menghubungkan ke perangkat lain, jadi kita perlu melakukan hal tersebut, mencopot seluruh perangkat dan memasangnya kembali, siapa tau komputer kamu hanya mengalami masalah pada konektor dan dengan melakukan hal tersebut komputer kamu sudah bisa nyala kembali.

Untuk perangkat seperti CD/DVD ROOM dan perangkat lainya tidak perlu dipasang dahulu.


Sekarang coba nyalakan komputer kamu...
Sudah bisa nyala atau belum?

A. Jika sudah menyala maka langkah selanjutnya kamu hanya perlu memasang perangkat tamnahan lainya satu-persatu. Setiap kamu menambahkan satu perangkat maka kamu perlu menyalakan komputer guna memastikan perangkat tersebut normal atau bermasalah, karena jika perangkat tersebut mengalami masalah maka komputer juga akan bermasalah saat dinyalakan/dijalankan! Jika kamu sudah melakukan langkah tersebut satu persatu dengan cermat dan teliti maka kamu akan segera mnemukan masalah yang menyebabkan komputer kamu mati.

B. jika ternyata setelah kamu melakukan langkah pertama tapi komputer tetap tidak mau menyala, maka kamu perlu melakukan cek-up lebih lanjut! Sekarang coba kamu nyalakan komputer dan perhatikan ciri-ciri kerusakanya dan coba cocokan apakah masalahnya seperti dibawah ini..??

1. Saat komputer kamu nyalakan: Monitor menampilkan pesan "No Video Input" dengan background gelap, kipas prosesor bunyi berputar seperti biasa tanpa masalah, Hard drive seolah bekerja normal seperti biasa, CD/DVD ROOM juga bisa dibuka dan lampu indikator pun menyala! Sudah tentu PSU dalam keada'an baik, Maka yang perlu kamu curigai adalah RAM. Silahkan baca cara mengatasi ram yang error atau mati total Disini



2. Komputer mati tidak ada tanda-tanda (kehidupan), kipas tidak bergerak, hard drive tidak ada tanda-tanda aktivitas apapun , lampu indikator tidak menyala, CD/DVD ROOM tidak bisa dibuka dan tentu saja monitor hanya akan menampilkan layar gelap! Nah jika kejadianya seperti ini maka kamu perlu cek pada bagian POWER SUPPLY. Apakah PSU sudah terhubung dengan baik ke mainboard? Apakah PSU sudah bekerja dengan baik..? Mungkin kamu perlu baca BEBERAPA PENYEBAB PSU TIDAK BEKERJA DAN SOLUSINYA.

3. Komputer menyala tapi layar monitor menyampaikan pesan error atau kamu disuruh menyisipkan disc atau sejenisnya untuk tujuan instal system, kemungkinan hard drive kamu baru maka kamu disuruh instal system terlebih dahulu.
Atau jika tidak, mungkin kamu perlu cek pada setting bios, kamu bisa cari CARA SETTING BIOS di google, pastikan semua telah ter setting dengan benar. Akan tetapi jika masalah masih tidak ada perubahan kemungkinan hard drive kamu memang sudah waktunya ganti.


SARAN: Kamu akan lebih mudah mencari kerusakan komputer jika kamu memiliki perangkat cadangan.



Itulah beberapa penyebab komputer tidak bisa dinyalakan. Sebenernya masih banyak penyebab-penyebab komputer tidak bisa menyala, tapi disini saya hanya menulis menurut pengalaman pribadi, jika kamu tidak menemukan solusi masalah komputer kamu disini, silahkan kamu coba search di GOOGLE masih banyak teman-teman kita disana yang mau berbagi pengalaman mengenai penyebab kerusakkan komputer.



Jika kamu rasa artikel ini berguna, silahkan bagikan ke teman-teman kamu yang mungkin membutuhkan pemecahan masalah pada komputer mereka, silahkan klik pada ikon media sosial dibawah postingan ini.

Mumgkin anda juga perli baca Cara paling jitu memperbaiki RAM mati total 99% work


Terimakasih, semoga sedikit artikel ini bisa membantu memecahkan masalah pada komputer kamu. Silahkan beri saran dan masukan pada kotak komentar!


0 Response to "cara menganalisa kerusakkan komputer"

Posting Komentar