Cara Mengatasi Bootloop pada Android



Masalah bootloop pada android adalah suatu keadaan dimana system hp android kamu tidak dapat melakukan proses booting atau start-up sehingga kamu tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya stuck pada logo mark/produk atau logo lainnya. Ada 3 kasus bootloop android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.
Ada banyak penyebab handphone android mengalami bootloop, seperti kegagalan system, akibat kesalahan saat proses rooting hp kamu. Entah itu merubah boot animasi, kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah file system Ui atau yang lainnya.
Jika kamu tidak bisa memasuki menu handphone dan hanya berhenti pada logo saja berarti hp kamu mengalami Bootloop. Jika kamu mengalami hal tersebut jangan panik dulu karena disini saya akan share bagaimana cara mengatasi bootloop pada android tanpa flashing.
1. Light Bootloop pada Android
Biasanya masalahan ini terjadi karena pengguna mengutak-atik sistem utama tanpa menggunakan Recovery Mode, dan akibat dari light bootloop ini hanya bersifat sementara seperti blank screen.
Cara Mengatasinya:
Silahkan restart handphone terlebih dahulu, jika masih ada kejanggalan silahkan coba matikan lagi dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan kembali.
2. Medium Bootloop pada Andeoid
Masalah Medium Bootloop ini sering terjadi karena pengguna mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya.
Cara Mengatasinya:
Sebaiknya sebelum kamu mengutak-atik apapun yang ada pada Recovery Mode sebaiknya kamu lakukan backup terlebih dahulu agar nanti bisa direstore kembali jika terjadi kesalahan/masalah.
3. Hard Bootloop pada Andeoid
Ini adalah masalah yang paling parah, dimana kamu tidak akan bisa masuk ke menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.
Android hard bootloop biasanya terjadi akibat dari aktivitas kita saat mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah.
Jadi aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang kita gunakan.
Adapun ciri-cirinya adalah saat ponsel di hidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di utak-atik lagi alias macet total.
Cara mengatasinya :
Karena kasus kerusakan yang ini tergolong cukup parah, maka cara mengatasi bootloop tersebut harus menggunakan Laptop atau PC.
Jadi laptop yang digunakan untuk memperbaiki juga harus di instali dengan aplikasi khusus untuk menginstal ulang OS android ataupun untuk melakukan Flasing Rom (firmware).
Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel itu sendiri.
Jika terjadi masalahan pada smartphone android kamu jangan terburu-buru dibawa ke service center, coba kamu cari informasi dahulu mengenai masalah ini di google atau di forum-forum komunitas yang membahas sepitar smartphone android atau coba bertanya pada teman kamu, nah baru kemudian bertindak. Semoga cara memperbaiki hp android bootloop ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkannya, siapa tau diantara teman kamu sedang mengalami hal ini, jadi silahakan di share aj ea... cukup sekian dulu artikel dari saya kali ni dan sampai jumpa besok di artikel lainya yang semoga lebih bermanfaat lagi...  terimakasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Bootloop pada Android"

Posting Komentar